Sudah Berkualitaskah Waktu Tidur Anda ?

Tidur Berkualias

Faktanya, rata-rata satu per tiga dari keseluruhan waktu hidup seorang manusia dipergunakan sebagai waktu tidur.

Dengan demikian tidak heran jika waktu tidur memiliki peranan yang sangat penting dan menentukan tingkat kesehatan tubuh.

Artinya, jika anda kurang tidur, efek buruk sangat mungkin mengancam kesehatan tubuh anda, baik efek jangka panjang maupun efek yang langsung timbul dan dapat kita rasakan, seperti rasa kantuk yang berat, kelelahan, dan kehilangan kemampuan untuk berkonsentrasi.

Sedangkan efek jangka panjang yang sangat mungkin ditimbulkan dari kurang tidur diantaranya adalah diabetes tipe 2, hipertensi atau tekanan darah tinggi, gangguan obesitas, dan kecenderungan depresi.
Baca juga, tips mengatasi insomnia.

Namun jangan salah, tidak semua orang yang mencukupi waktu tidurnya memiliki resiko kecil dari efek-efek jangka panjang tersebut.

Karena sejatinya, kualitas tidur lebih menentukan dibanding kuantitas waktu yang dihabiskan.

Dan ada 3 poin penting yang menentukan baik atau tidaknya kualitas tidur anda, yaitu durasi anda tetap tertidur, kemampuan untuk melanjutkan tidur setelah terbangun, dan tingkat nyenyaknya tidur anda

Ya, durasi tidur yang lama lebih penting dibandingkan waktu tidur lama namun sering terbangun.

Setidaknya anda membutuhkan durasi minimal 85% dari keseluruhan waktu tidur anda untuk tetap terlelap agar dapat bangun dengan segar.

Jikapun anda termasuk diantara mereka yang mengalami masalah sering terbangun di malam hari. Jangan biarkan anda terjaga lebih dari 20 menit, segera lanjutkan tidur anda dan jangan memilih melakukan aktifitas lain.


loading...