Seks Aman Saat Hamil

Seks adalah kebutuhan bagi pasangan suami istri, tak terkecuali di saat hamil. Namun banyak pasangan yang bingung mengenai seks dalam masa hamil, amankah? bagaimana pengaruh terhadap janin? atau posisi seperti apa yang aman bagi ibu hamil saat berhubungan intim? Mari kita bahas tips Seks Aman Saat Hamil.

Posisi seks aman saat hamil



Hal pertama yang harus anda dan pasangan lakukan adalah periksakan kehamilan ke dokter, sehat kah? jika kandungan sehat, maka seks selama masa hamil boleh dilakukan, kapan saja, dan tidak akan berpengaruh terhadap janin, karena janin berada dan terlindungi secara alamiah oleh selaput lendir yang menutup jalan lahir, yang sekaligus melindunginya terhadap kuman yang dapat masuk ke dalam pintu rahim. Selain itu, bayi berada di dalam kantung rahim yang berisi cairan ketuban yang juga melindunginya.

Namun tidak disarankan melakukan hubungan seksual jika ;

  • Pernah mengalami keguguran atau terindikasi adanya ancaman keguguran
  • Air ketuban sudah pecah
  • Telah terjadinya pembukaan jalan lahir
  • Riwayat Kelahiran prematur
  • Letak plasenta rendah
  • Pasangan menderita penyakit seksual yang menular

Seks aman saat hamil

Posisi seks seperti apakah yang aman dilakukan saat hamil ?

Posisi misionaris, atau suami diatas sebaiknya dihindari selama kehamilan, dikarenakan posisi suami yang menekan perut istri dapat menjadi berbahaya jika kemudian vena rahim menekan vena besar, posisi berhubungan seksual saat hamil sebaiknya ;

1. Istri berada di atas.

Dengan berada di atas, istri dapat mengontrol kedalaman dan kecepatan penetrasi.

2. Berbaring miring

Tidur menyamping berhadapan mungkin dapat dilakukan saat pertengahan kehamilan ketika perut belum terlalu besar. Namun jika, perut ibu hamil sudah mulai membesar, posisi miring ini dapat dilakukan dengan posisi suami berada di belakang istri.

3. Berlutut.

letakkan bantal di bawah perut untuk mencegah perut terguncang, dalam posisi berlutut, suami dapat melakukan penetrasi dari belakang.

4. Duduk

Di awal kehamilan masih dimungkinkan untuk suami dan istri duduk berhadapan, namun jika kehamilan sudah membesar istri dapat duduk membelakangi suami.

Yang terpenting dari posisi hubungan seksual yang anda lakukan adalah kurangi atau batasi gerakan.
Semoga tips seks aman saat hamil yang saya berikan dapat membantu.


loading...